Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil

Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil - Hallo sahabat Islam Itu Indah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cerita, Artikel Pesan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil
link : Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil

Baca juga


Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil

ARTIKEL KE 698  

KAMU SENSI YA..??

Kamu simpel tersinggung dan murka alis "sensi"?
Baca deh goresan pena ini..
Diceritain konon seorang laki-laki sedang berbeda paham dengan seorang Guru Spiritual. Perbedaan paham itu bikin si laki-laki sebut saja A sangat gusar. Saking gusarnya beliau sampe ngeluarin kecaman dan kata-kata kasar. Boleh dibilang seluruh isi kebun hewan semua dikeluarin demi meluapkan kebenciannya pada Sang Guru.


Diperlakukan begitu kira-kira reaksi sang Guru gimana?
Sang Guru hanya diam, mendengarkan makian, kecaman, kata-kata bergairah yang keluar dari lisan laki-laki itu dengan sabar, tenang dan gak ngomong apa-apa...
Sampe akhirnya si laki-laki bergairah tadi capek sendiri dan menentukan berlalu.

Begitu laki-laki tersebut pergi, muridnya yang merhatiin kejadian itu jadi ingin tau dan nanya: "Kok Guru membisu aja diperlakukan begitu. Kenapa Guru gak balas makian laki-laki bergairah itu?.. Omongan bergairah kek gitu gak sanggup dibiarin begitu saja, harus dibalas supaya beliau tahu berhadapan dengan siapa?"
Sambil tersenyum gurunya bilang :
“Aku mo nanya sama kamu, kalo seseorang ngasi kau sesuatu,  dan kau ogah menerimanya, lantas punya siapa proteksi itu..?”
“Tentu kembali ke pemiliknya, si pemberi," jawab si murid dengan bangga.
“Betul...... begitu juga dengan kata-kata bergairah dan makian laki-laki tadi" kata Sang Guru.
“Karena saya ogah mendapatkan kata-kata itu, maka kubiarin beliau ngomong sendiri dan kata-kata tadi kembali jadi miliknya. Dia harus menyimpannya sendiri._
Dia gak nyadar, kalo nanti beliau bakal menanggung kesudahannya di dunia atau pun akhirat. Dia harus mempertanggung jawabkan di depan Allah apa yang pernah terucap dari bibirnya. Ya..karena saya gak ngomong apa-apa buat bales dia, artinya saya bebas dari tanggung jawab..

Kamu tau gak kalo energi negatif muncul dari pikiran, perasaan, perkataan, dan perbuatan hanya akan membuahkan penderitaan hidup?"
Kemudian, lanjut Sang Guru:  ”Sama menyerupai orang yang pengen ngotorin langit dengan meludahinya. Ludah itu hanya akan jatuh ngotorin wajahnya sendiri, bukan?"
"Begitu juga, kalo di luar sana ada orang yang marah-marah sama kamu... biarin aja … sebab mereka sedang ngebuang SAMPAH HATI mereka.
Kalo kau membisu saja, maka sampah itu bakal kembali pada diri mereka sendiri. Tapi bila kau tanggapin, artinya kau bersedia mendapatkan sampah itu.....”
“Hari gini begitu banyak orang di jalanan yang hidup dengan membawa sampah di hatinya (sampah kekesalan, sampah amarah, sampah kebencian, dan lainnya) … maka harusnya kita jadi orang yg BIJAK”

Sang Guru melanjutkan nasehatnya:
BIJAK dalam arti kata :
“Kalo kau gak mungkin ngasi, ya jangan ngambil”
Karena hidup itu harus seimbang. Gak mungkin kita terus yang nerima sesuatu sementara orang lain ngasi kita melulu. Emang gak aib apa? Selalu terima proteksi orang? Teman pergi minta oleh-oleh, ketemu teman usang minta ditraktir, liat teman bawa kendaraan beroda empat minta tebengan, kalo beli barang udah minta diskon minta bonus pula. Tapi seumur-umur kau gak suka dimintain oleh-oleh dan gak pernah ngasi buah tangan ke orang. Kamu suka ngumpet kalo ada yang minta traktir. Kamu balap kendaraan beroda empat kau sekencang mungkin biar gak ada yang minta tebengan..Kamu paling benci kalo jualan sesuatu trus pembeli minta diskon..
(baca : rezeki ngacir sebab doyan minta gratisan)
Kalo memang memang gak punya apa-apa buat dikasiin ke orang atau gak suka ngasi apa-apa ya...jangan ngambil, ya jangan minta.. Biar orang gak nuntut balas jasa (hari gini mana ada yang gratis ya..?).

“Kalo kau sulit mengasihi, ya jangan membenci”
Kalo kau gak sanggup bermulut manis dan berpura-pura suka sama orang yang kau gak suka (yang nyebelin) minimal kau jangan membencinya. Beda gak suka sama benci lho ya.. Gak suka ya gak sanggup nyaman deket beliau tapi hanya sebatas itu, tapi kalo benci udah gak nyaman pake banget sampe ngeliat mukanya aja mau muntah dan kau bakal ngelakuin apa aja semoga terhindar darinya dan kalo perlu ngajak orang lain buat ikutan benci ama beliau serta melaksanakan apa aja asal beliau jadi susah..
Tau gak rasa benci bagai tomat busuk?
Jadi ngapain tomat amis di bawa-bawa?
Gak punya rasa benci bikin hidup jadi tenang...

“Kalo kau gak sanggup ngibur hati orang, ya jangan bikin sedih”
Kalo kau bikin murung orang maka kau bertanggung jawab buat ngembaliin suasana hatinya ke mode normal. Kalo kau gak sanggup ya kau bikin beliau tambah sedih, bikin beliau benci sama kau dan sanggup jadi kau didoakan jelek. Emang lezat kalo kemana kau melangkah orang jadi sedih, jadi susah, jadi merana sebab kamu? Berapa banyak dosa yang kau tanggung karenanya? Berapa banyak orang teraniaya yang ngedoain rezekimu macet, misalnya?
Kalo kau gak hebat dalam urusan hibur menghibur ya..minimal jangan bikin orang sedih..!!

“Kalo kau gak sanggup muji, ya jangan menghujat”
Hari gini hujat menghujat keknya udah jadi hal yang biasa. Orang saling sindir dan saling ejek hanya sebab masalah remeh. Tapi muji juga serba salah, kadang orang menganggap kebanggaan gak ikhlas, lebih ke hinaan, bully, ada maunya, niscaya ada apa-apanya..
Jadi ya mending cari aman. Gak usah muji kalo kau gak hebat dan gak betul-betul tulus, menghujat apa lagi. Apa gunanya menghujat orang? Meski ribuan hujatan yang kau lontarkan kalo takdirNya orang itu bakal berhasil dan sukses maka hujatan kau gak akan ngerubah apa-apa. Hujatanmu juga gak bikin kau tampak lebih baik dari yang kau hujat. Malah sebaliknya. Makara mending stop deh...

“Kalo kau gak sanggup ngehargain orang, ya jangan menghina”
Kamu gak sanggup menghargain sebab takut dibilang lebay...
Ya, minimal kau jangan menghina orang. Biarkan orang lain dengan kehidupannya. 
(baca : hati-hati dengan kantong bocor)

“Kalo kau gak suka bersahabat, ya jangan nyari musuh”
Bisa jadi kau tipe orang yang suka sendirian. Kalo gak suka bersahabat, damailah dengan kesendirianmu. Jangan amlah buat onar hidup orang lain. Kalo kau gak suka diganggu jangan juga ganggu orang lain..

Inilah saatnya - kita melatih diri untuk membuang semua sampah yang ada di hati dan memutuskan untuk menolak sampah orang lain. Semoga bermanfaat dan menarik rezeki yang baik-baik pula....

Wallahu alam..


Demikianlah Artikel Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil

Sekianlah artikel Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jika Tak Mungkin Memberi Ya Jangan Mengambil dengan alamat link https://lubukhatimuslim.blogspot.com/2006/05/jika-tak-mungkin-memberi-ya-jangan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel