Sedekah Sebagai Penderas Rezeki

Sedekah Sebagai Penderas Rezeki - Hallo sahabat Islam Itu Indah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sedekah Sebagai Penderas Rezeki, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Amalan, Artikel tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sedekah Sebagai Penderas Rezeki
link : Sedekah Sebagai Penderas Rezeki

Baca juga


Sedekah Sebagai Penderas Rezeki

Harta yang ada di tangan kita yaitu titipan Allah. Harta titipan Allah harus dipakai untuk mendekatkan diri kepada Sang Pemilik biar menunjukkan manfaat pada kita baik selama hidup di dunia ataupun sesudah meninggal. Salah satu caranya yaitu dengan bersedekah. Betulkah sedekah dapat menderaskan rezeki?
  • Sedekah menyerupai memberi "pinjaman pada Allah". Perhatikan ayat ini " Siapakah yang mau memberi pemberian kepada Allah, pemberian yang baik (menafkahkan rezekinya di jalan Allah maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepadaNyalah kau dikembalikan" (Q.S.Al Baqarah: 245). Kalau Allah yang meminjam harusnya masuk kategori "saham unggulan" alasannya berasal dari Zat yang Maha Kaya. Jika Allah yang meminjam pengembaliannya pasti jauh lebih besar dari apa yang dipinjamkan. Begitu pula Allah dapat mengambil apa yang menjadi milikNya dengan serta merta.
  • Sedekah melapangkan jalan rezeki. Bagi yang merasa sedang seret rezekinya bacalah ayat ini "...Dan barangsiapa yang sedang disempitkan rezekinya, maka hendaknya ia menafkahkan sebagian rezeki yang Allah berikan padanya" (Q.S.At-Thalaq : 7). Bagi otak kita yang terbatas pasti tidak dapat memahami, bagaimana mungkin ketika kondisi keuangan susah diharuskan berinfak untuk memancing rezeki tiba kembali dalam jumlah lebih banyak. Bukankah berinfak artinya mengeluarkan uang, sementara untuk memenuhi kebutuhan saja susah? Disinilah perlunya kewajiban Muslim untuk mempercayai kesepakatan Allah, kesepakatan yang tidak pernah ingkar. Jika bersedekah, sekecil apapun akan di balas olehNya.
  • Sedekah membawa rezeki yang berlipat 700 kali. Perhatikan kesepakatan Allah pada ayat ini "Perumpaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang mengeluarkan nafkahnya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tipa butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunianya) lagi Maha Mengetahui" (Al Baqarah : 261). Kalau dilihat dari kacamata bisnis, inilah bisnis yang paling menguntungkan dan bebas rugi. Kalau bisnis dengan insan pasti tetap ada potensi rugi, meskipun besar untungnya tapi tidak akan dapat menyaingi Zat yang Maha Memberi.
  • Sedekah mendekatkan surga sebagaimana pada ayat berikut " Dan bersegeralah kau kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada nirwana yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa (yaitu) orang-orang yang menafkahkan  (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan" (Q.S.Al Imran : 133-134). Tidak ada rezeki terbesar yang diperoleh oleh setiap Muslim selain surga. Sedekah termasuk amal soleh yang akan menuntun kita menggapai nirwana Insya Allah.
  • Sedekah akan kembali pada kita. "Dan apa saja harta yang baik yang kau nafkahkan (di jalan Allah)  maka pahalanya itu untuk kau sendiri dan janganlah kau membelanjakan sesuatu melainkan mencari keridhaan Allah, dan apa saja harta yang baik yang kau nafkahkan, pasti kau akan diberi pahalanya dengan cukup sedangkan kau sedikitpun tidak akan dirugikan "(Q.S.Al Baqarah : 272). Kalau kita berinfak dengan harta yang baik , yang diperoleh secara halal di jalan yang diridhoi Allah maka pahalanya akan kembali kepada kita. Pahala yang kita peroleh dapat saja berupa rezeki yang berlipat, kesehatan dan keselamatan dari bencana.
  • Didoakan malaikat setiap hari. Tiada sehari pun sekalian hamba memasuki suatu pagi kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari keduanya berdoa "ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang menafkahkan hartanya". Sementara yang lain berdoa "ya Allah, berikanlah kebinasaan kepada orang yang menahan hartanya (HR Bukhari dan Muslim). Maukah kita didoakan malaikat setiap hari? Bayangkan betapa indahnya hidup kalau di awali dengan sedekah sambil diiringi doa malaikat, maka sepanjang hari akan menjadi berkah dan dirahmati Allah SWT.
Bersegeralah berinfak alasannya sedekah dapat menjadi penolak bala, penyubur pahala dan melipatgandakan rezeki. Wallahu alam bish shawab


Demikianlah Artikel Sedekah Sebagai Penderas Rezeki

Sekianlah artikel Sedekah Sebagai Penderas Rezeki kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sedekah Sebagai Penderas Rezeki dengan alamat link https://lubukhatimuslim.blogspot.com/2020/07/sedekah-sebagai-penderas-rezeki.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel